MENGENAL PERIODONTITIS DAN CARA MERAWAT KESEHATAN GIGI DAN MULUT

 

MENGENAL PERIODONTITIS DAN CARA MERAWAT KESEHATAN GIGI DAN MULUT

oleh : HARSITA YULIANA NURBADI'AH, A.Md.KG (TGM Puskesmas Gedongtengen)

Saudara, pernahkah mendengar kondisi yang bernama periodontitis? Secara sederhana dapat dijelaskan, periodontitis adalah infeksi gusi yang terjadi cukup parah. Banyak yang menganggap sepele kesehatan gusi dibandingkan dengan gigi. Padahal gusi adalah salah satu dari empat jaringan penyangga gigi selain ligamen gigi, sementum dan tulang alveolar gigi (periodontal). Di mana organ ini memiliki fungsi yang penting, yakni untuk menyangga dan melindungi gigi. Apabila terjadi peradangan pada gusi yang tidak ditangani dengan benar, bisa menyebabkan gigi tanggal, lho.

Periodontitis atau radang jaringan penyangga gigi merupakan salah satu gangguan pada mulut yang ditandai dengan rasa tidak nyaman pada gusi, perdarahan yang terjadi sewaktu menyikat gigi ataupun tidak menyikat gigi, rasa nyeri saat mengunyah, gigi goyang serta napas berbau. Peradangan dapat muncul karena kurang optimalnya kebersihan area mulut kita, menyebabkan sisa makanan yang tertinggal tumbuh menjadi bakteri. Saat terjadi periodontitis, bakteri menumpuk sebagai plak pada pangkal gigi, sehingga merusak jaringan di sekitar gigi dan menimbulkan respon peradangan gusi, bertahap menjadi abses (pembengkakak berisi nanah) di gusi dan menyebabkan gigi, serta berisiko menyebabkan kerusakan tulang alveolar gigi yang menahan gigi berada di dalam mulut.

Bakteri yang awalnya hanya mengiritasi bagian gusi di sekitar gigi, lambat laun menyebabkan terbentuknya celah atau kantong pada gusi yang memisahkan antara jaringan gusi dengan gigi sehingga menyebabkan gigi mudah tanggal. Bakteri tersebut akan menginfeksi lebih dalam lagi hingga merusak jaringan dan tulang di dalam gusi. Jika kondisi ini terjadi dalam jangka panjang, jaringan di sekitar gusi dan gigi akan rusak sehingga menyebabkan gigi tanggal. Pada kasus yang parah, periodontitis dapat menyebabkan kemunculan abses atau kumpulan nanah di gigi.

Nah, untuk lebih lengkapnya, sebaiknya kita perhatikan penjelasan tentang periodontitis serta cara merawat kesehatan gigi dan mulut berikut ini, ya!